Proteksi dari autorun.inf dengan Panda USB Vaccine

Ebsoft.web.id :Satu terobosan baru telah dibuat oleh Panda Research Blog. Karena melihat efek negatif fasilitas autorun windows yang sering digunakan sebagai penyebaran virus, Panda membuat program sederhana (gratis/free) tetapi cukup ampuh untuk mencegah virus membuat file autorun.inf, program ini disebut Panda USB Vaccine

Hal ini sepertinya setelah mereka melihat merebaknya worm W32/Conficker, W32/sality, W32/virut dan sejenisnya.Sebelumnya saya juga pernah membuat program sederhana (Super Autorun), tetapi hanya efektif untuk drive/USB dengan file sistem NTFS, dan itupun mungkin masih bisa dihapus oleh virus (meskipun tidak mudah 🙂 )

Dua fungsi utama dalam aplikasi ini :

Computer Vaccination, yaitu untuk memberi vaksin komputer (PC) dalam upaya menon aktifkan fasilitas autorun windows. Sehingga tidak ada program dari USB Flashdisk/CD/DVD drive dapat berjalan sendiri (otomatis) tanpa interaksi penggunanya. Untuk Komputer yang sudah diberi “vaksin” ini, vaksinnya bisa dihilangkan dengan program ini juga.

USB Vaccination, fasilitas ini akan memberikan “vaksin” ( membuat file autorun.inf yang tidak bisa di edit, rename, di hapus meskipun dengan software seperti unlocker) di USB Flash Drive (Flahsdisk). Dengan begitu virus tidak akan bisa menyebar (secara otomatis) melalui flashdisk dengan perantara autorun.inf, dan flashdisk tetap bisa digunakan seperti biasa.

Perhatian: Meskipun begitu, virus tetap bisa meng-copy ( memperbanyak diri ) di flashdisk, hanya saja tidak bisa berjalan (menyebar) secara otomatis menggunakan autorun.inf. Selain itu perlu di ingat juga bahwa jika sudah di beri vaksin, maka Flashdisk tidak bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya (keadaan tanpa vaksin), kecuali dengan di format ulang.

Penggunaan USB Vaccine dengan Command Line

Untuk pengguna yang sudah berpengalaman/ahli (advanced), Panda USB Vaccine bisa dijalankan dengan command line. Misalnya dimanfaatkan untuk menjalankan USB Vaccine secara otomatis ketika booting, memberi vaksin komputer dalam jaraingan dan lainnya. Parameter inputnya adalah sebagai berikut :

USBVaccine.exe [ A|B|C…|Z ] [ +system|-system ] [ /resident [/hidetray] ]

Keterangan :

[drive unit]: Vaccinate drive unit

+system : Computer vaccination

-system : Remove computer vaccination

/resident: Start program hidden and prompt for vaccinating every new drive

/hidetray: Hides tray icon when used with the /resident command

Contoh,

untuk memberi vaksin USB Flash drive F:\ dan G:\ bisa menggunakan perintah :

USBVaccine.exe F G

Untuk memberi vaksin komputer, dengan perintah

USBVaccine.exe +system

Untuk memberi vaksi komputer dan menampilkan informasi ketika ada drive baru, tanpa menampilkan icon di sistem tray, bisa menggunakan perintah berikut :

USBVaccine.exe /resident /hidetray +system

Dengan perintah terakhir ini dan dibuat shortcut di start up folder (dengan atau tanpa parameter /hidetray) maka setiap komputer booting, USB Vaccine akan otomatis berjalan dan akan memberi vaksin komputer serta menampilkan konfirmasi untuk memberikan vaksin jika ada Flashdisk (USB Drive) yang baru dipasang dan didalamnya idak ada vaksin ini.

Panda USB Vaccine berjalan di Windows 2000 SP4, Windows XP SP1-SP3 dan juga Windows Vista SP0-SP1. Aplikasi ini tidak perlu di install, langsung dijalankan saja, dan hanya berukuran sekitar 392 KB.

( ebsoft dari Panda USB and AutoRun Vaccine )

klo mau download vaccine nya bisa di url berikut :

http://download.cnet.com/Panda-USB-Vaccine/3000-2239_4-10909938.html?tag=mncol

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s